Senin, 14 Januari 2008

Konsultasi:Chikungunya

Aww. Bismilah. Pak, mau tanya, ibu saya kena penyakit chikungunya. Apa terapi herbanya?. Evi Rohmawati, Surabaya. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Chikungunya berasal dari bahasa Shawill berdasarkan gejala pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung, mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (arthralgia). Nyeri sendi ini terjadi pada lutut pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.

Demam Chikungunya disebabkan oleh virus Chikungunya (CHIKV). CHIKV termasuk keluarga Togaviridae, Genus alphavirus, dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Gejala utama terkena penyakit Chikungunya adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Bahkan, karena salah satu gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang, ada yang menamainya sebagai demam tulang atau flu tulang. Dalam beberapa kasus didapatkan juga penderita yang terinfeksi tanpa menimbulkan gejala sama sekali atau silent virus chikungunya.

Penyakit ini tidak sampai menyebabkan kematian. Nyeri pada persendian tidak akan menyebabkan kelumpuhan. Setelah lewat lima hari, demam akan berangsur-angsur reda, rasa ngilu maupun nyeri pada persendian dan otot berkurang, dan penderitanya akan sembuh seperti semula. Penderita dalam beberapa waktu kemudian bisa menggerakkan tubuhnya seperti sedia kala.

Meskipun dalam beberapa kasus kadang rasa nyeri masih tertinggal selama berhari-hari sampai berbulan-bulan. Biasanya kondisi demikian terjadi pada penderita yang sebelumnya mempunyai riwayat sering nyeri tulang dan otot.

TERAPI HERBA

Karena Chikungunya disebabkan oleh Virus, maka penangannya dilakukan dengan herba-herba yang memiliki sifat anti virus (herba pahit) sekaligus yang dapat menjadi anti biotik (aromatik). Untuk produk HPA bisa menggunakan Kopi Radix sinergis 2x2. Habbassauda 2x2, Madu 2x2sdt dan Omega 3 Sofgel 2x2. Kopi Radix dan Omega 3 merupakan herba yang berfungsi melegakan sakit tulang dan otot sekaligus sebagai preventif berbagai penyakit sedangkan Madu dan Habbassauda merupakan herba yang memilki fungsi meningkatkan sistem imun sekaligus sebagai antibiotik alami.

Uuntuk menunjang kesembuhan ibu anti, perlu diperhatikan kecukupan gizi dari makanannya.

Tidak ada komentar: