Minggu, 23 Desember 2007

Konsultasi 1 BATU EMPEDU

Assalamu’alaikum. Wr.wb. Pak saya mau tanya, Ada teman yang terkena batu empedu. Apa obatnya? Yulia, Bogor

Wa’alaikum salam wr.wb.

Ibu Yulia yang terhormat,

Empedu mempunyai getah yang merupakan cairan alkali yang dikeluarkan oleh sel hati. Seseorang mengeluarkan cairan geah tersebut dalam sehari dari 500 sampai 1000 ccm. Sekresinya berjalan terus menerus, namun jumlah produksi dipercepat sewaktu pencernaan, khususnya sewaktu pencernaan lemak. Getah empedu, sekitar 80% terdiri atas air, garam empedu, pigmen empedu, kolesterol, musin dan zat lainnya.

Jadi, fungsi empedu itu sendiri adalah membantu untuk memecah lemak, protein, beberapa vitamain (seperti vitamin A, D, E, dan K) , karbohidrat agar dapat diserap dan mask ke dalam sistem aliran darah. Di samping itu, empedu juga berfungsi melumasi saluran pencernaan.

Kandung empedu mudah terkena infeksi. Infeksi ini bisa jadi diperoleh dari penyebaran usus, hati atau aliran darah. Tapi, bisa pula terinfeksi dari dalam. Misalnya, partikel-partikel lemak, khususnya kolesterol dapat membentuk kristal yang kemudian membentuk batu dalam kandung empedu.

Batu ini disebut batu empedu. Bila batu ini menyumbat saluran hepatik atau saluran umum, maka empedu tidak dapat keluar dari hati dan terjadi iritasi dan obstruksi. Bila sebuah batu empedu keluar melalui saluran empedu, ia dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat.


Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama harus mengubah pola makan menjadi pola makan yang sehat yang memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Dan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, baik itu daging hewani, santan maupun makanan gorengan. Serta banyak mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan banyak minum air putih.


Cara alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi batu empedu yaitu :
  1. 30 gram daun keji beling segar + 30 gram sambiloto segar + 60 gramrambut jagung direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnyadisaring, diminum hangat-hangat.60 gram herba kumis kucing segar + 30 gram tongkol jagung + 30 gram daunmeniran segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnyadisaring, diminum hangat-hangat.
  2. 30 gram daun sendok segar + 30 gram daun kembang pukul empat segar + 100gram akar alang-alang direbus dengan 700 ccc air hingga tersisa 300 cc,airnya disaring, diminum hangat-hangat.
  3. Minum jus apel sebanyak 4 gelas setiap hari selama 5 hari. Pada harike-6 lakukan puasa, dan pada saat berbuka puasa minum air putih + 30gram garam inggris, pada pukul 20.00 minum ½ gelas air lemon + ½ gelasminyak zaitun, aduk lalu diminum. Catatan : anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas,lakukan secara teratur sehari 2 kali. Dalam melakukan perebusan gunakanpanci enamel atau periuk tanah TERAPI HPA dengan minum
  • Malac 2x3
  • Omega 3 2x2
  • Kopi Radix + 2sdt madu asli 2x sehari

Semua herba di atas diminum 30 menit sebelum makan.

Wassaalamu’alaikum. Wr.wb

Tidak ada komentar: